Keuntungan Bersahabat Dengan Alqur’an

image

1. Kita akan selalu merasa bersama Allah. Sebab yang kita baca adalah kalamullah. Maka dengan selalu membaca Al Quran kita akan seperti ngobrol bersama Allah. Karenanya para ulama brkata : man araada an yatakallama maallahi fa alaihi bitilaawatil quraan (siapa yang mau ngobrol dengan Allah maka hendaknya ia membaca Al Quran.

2. Kita tidak akan pernah kesepian. Sebab Al Quran akan selalu menemani kita kapan saja. Membaca Al Quran adalah ibadah yang tidak dibatasi waktu. Maka dengan membaca Al Quran kita akan selalu terhibur. Jauh lebih terhibur dari segala macam hiburan yang sia-sia dan dosa. Bila hiburan yang ada hanya bisa memenuhi kebutuhan syahwat dan nafsu, maka membaca Al Quran adalah hiburan yang memenuhi kebutuhan jiwa dan hati.

3. Membaca Al Quran akan menghidupkan jiwa. Dalam Al Quran jiwa disebut dengan “an Nafs”. Termasuk dimensi jiwa : al aql (akal), alqalbu (hati ) dan asy syu’uur (perasaan). Maka dengan membaca Al Quran ketiga dimensi jiwa tersebut akan hidup seperti pohonan yang disiram air hujan.

4. Al Quran akan menemani pembacanya sampai di alam kubur dan bahkan akhirat. Ia akan mengawal kita layaknya sahabat mengawal sahabatnya. ia akan memberikan pembelaan layaknya pengacara membela terdakwa. Ia akan melayani sahabatnya layaknya kekasih melayani kekasihnya.

5. Pahala membaca Al Quran dihitung perhuruf. Nabi pernah bersabda : kullu harfin hasanah yudhaa af ilaa asyri amtsaaliha (setiap satu huruf satu kebaikan, dilipat gandakan menjadi sepuluh kali lipat) dalam riwayat lain : bal ilaa sb’u mi ati dhi’fin (bahkan sampai tujuh ratus kali lipat). Bayangkan seandainya anda membaca satu halamn saja, lalu anda hitung dengan menggunakan kalkulator, sungguh tidak terbayang betapa besarnya pahala yang anda dapatkan.

DR. Amir Faishol Fath MA

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s